Kamis, 17 Desember 2009

Twitter versus Facebook

Pilih mana twitter atau facebook? Mungkin akan banyak orang yang memilih facebook karena situs ini yang lagi trend. Di Indonesia, setidaknya sudah ada 20 juta anggota facebook, sedangkan twitter hanya mempunyai 700.000 anggota di Indonesia. Dari anak remaja hingga orang tua suka mengggunakan Facebook. Facebook juga sangat menarik bagi anggota parlemen Indonesia. Beberapa politisi juga banyak menggunakan Facebook untuk mengkampanyekan diri sendiri dan partai mereka.

Sebaliknya,Twitter yang belum seterkenal facebook mempunyai kelemahan pada profilenya. Pemilik twittter hanya memberikan ruang untuk foto dan biodata sepanjang 160 karakter. Tentu ini sangat menyulitkan beberapa orang untuk menjelaskan jati diri yang sebenarnya. Kemudian photo yang hanya satu juga membatasi orang untuk mengenal orang lain bahkan temannya sendiri.

Pada facebook kita dapat menulis ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu kata per posting yang tidak mungkin kita lakukan di twitter. Facebook juga dapat menampung file video, slide, dan suara.

Kita sulit mengenali apakah twitterer tersebut memang dijalankan oleh orang. Memang ada beberapa twitter yang dijalankan oleh penipu yang mengaku dirinya sebagai artis atau web tertentu. Mereka juga tidak risih atau merasa bersalah untuk memasang photo orang untuk meyakinkan para twiterer lainnya.

Sebaliknya kita dapat menulis profile tentang kita selengkap-lengkapnya seperti nama, alamat, nomor telepon, tempat kerja, pandangan politik, dan lain sebagainya. Kita juga dapat memasang berbagai photo di facebook (tentu tidak mengandung unsur porno atau SARA).

Kita dapat menduga, suatu akun facebook asli atau tidak dari data-data atau photo yang dilampirkan oleh akun facebook tersebut.

Dengan keterbatasan twitter, kita juga dapat memanfaatkan beberapa keuntungan seperti mengirim pesan kepada teman kita secara cepat. Selain itu kita dapat menghubungi teman perorangan melalui pesan langsung (direct message).

Kelebihan twitter lainnya adalah tidak membuat kecanduan. Tidak banyak orang yang kecanduan twitter tetapi kita seringkali melihat orang yang kecanduan facebook. Bahkan beberapa kantor pemerintah, kantor swasta, dan universitas menutup akses atau memblokir facebook.

Para blogger lebih menyukai twitter untuk mengirimkan updates melalui twitter karena lebih sederhana. Twitterer tidak akan menghabiskan waktu terlalu lama karena twitter tidak memiliki photo yang dinikmati seperti di facebook. Mereka akan terfokus dengan pesan dan ilmu yang disampaikan oleh para twitter.

Pada twitter kita tidak perlu takut akan kehilangan hak atas photo dan article yang kita masukkan.Sebaliknya jika kita mengupload photo di Facebook berarti kita memberikaan hak cipta kita kepada Facebook. Facebook dapat memakai foto dari kita tanpa dipunggut biaya.

Baik dari twitter maupun facebook memilik kelebihan masing-masing. Anda bebas memutuskan untuk memilih kedua situs tersebut. Anda dapat juga menggabungkan kedua situs itu untuk menghemat waktu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini