Jumat, 08 Januari 2010

Apa Spam Twitter?

Spam sudah menjadi cara untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dengan biaya yang sedikit atau murah dibandingkan iklan konvensional seperti di TV, radio, surat kabar, majalah, website, blog dan lain-lain. Kita mungkin jengkel dengn spam yang terdapat di box kita yang menawarkan game, obat kuat, dvd, video, dan lain-lain.

Kini para spammer juga menyerang twitter yang sedang booming. Siapapun akan benci dengan tweeple yang menyampah di halaman twitter apalagi pemilik twitter. Spam akan menyibukkan mata kita melihat pesan-pesan mereka dan tentu saja membuang waktu. Jika melihat tweeple macam ini lebih baik kita hentikan follow twitter sejenis ini karena akan menghabiskan waktu. Kita juga dapat melapor orang yang suka nyampah ke pemilik twitter. Jika terbukti tweeple tersebut suka menyampah maka pemilik twittter akan menghapus akun tersebut.

Tidak semua pembuat spam berniat untuk menyampah di twitter. Kadang-kadang twitter awam tidak tahu bahwa yang mereka tweet adalah sampah. Untuk itu ada baiknya twitter baru mengetahui jenis perbuatan yang dikategorikan sebagai nyampah (spam), seperti:

1. Following banyak orang dalam waktu singkat.
2. Following atau unfollow dalam waktu singkat
3. Berulang kali follow dan unfollow suatu tweeple
4. Hanya mempunyai sedikit followers dibandingkan following contoh: Penulis bayak melihat tweeple yang hanya memiliki followers sebanyak 10 padahal followingnya 1000. Sebaliknya jika following hanya 10 namun followersnya 10,000, maka twitter itu bukanlah spam.
5. Tweet yang berisikan kebanyakan links. Hati-hati kepada yang suka menawarkan barang di twitter. Jika tweet anda berisi link semuanya maka twitter akan menghapus akun anda.
6. Banyak tweeple lain yang melaporkan kegiatan spam anda.
7. Tweet dengan duplikat konten melalui akun yang banyak. Biasanya ini dilakukan oleh orang yang tidak mau bekerja keras.
8. Seringkali replies tweet. Batasi reply anda terhadap teman jangan-jangan anda akan dilaporkan spam. Gunakan fasilitas direct messages untuk mengirimkan pesan ke teman anda jika ingin lebih aman.
9. Mengirimkan @replies dalam rangka spam sebuah service atau link
10. Mempost tweet orang lain tanpa atribusi atau memberikan sumber asal tweet
11. Menjual pengikut (followers) kepada orang lain
12. Mengikuti site yang menjanjikan banyak follower
13. Tweet updates yang tidak relevan menggunakan # contoh menuliskan tag #blog padahal tweet-nya tidak ada kaitan dengan blog
14. Banyak pemula menyangka dengan menuliskan topik yang sedang trend maka akan menaikkan popularitas tetapi jika tweet tersebut tidak berhubungan maka akan dikatakan spam. Contoh: karena topik Iran sedang trend seorang tweet update saya belanja ke pasar beli Iran. Mungkin hal ini akan dimaksudkan dengan spam.

1 komentar:

  1. saya suka dengan tulisan anda, mudah di mengerti. terimakasih :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini