Selasa, 12 Januari 2010

Bagaimana cara posting di Twitter?

Twitter yang hanya menyediakan 140 character memang membingungkan kita. Apalagi yang terbiasa menulis di blog sampai beribu-ribu characters ataupun beratus kata akan terlihat binggung. sebab bagaimana post sesuatu dengan karakter terbatas dan kalu setiap kata 7 karakter maka hanya 20 kata yang dapat dimuat dalam tiap posting. Kalau gampangnya saja yah tulis aja judulnya dan menaruh link ke website atau blog.

Mempost update ke twitter sangatlah mudah. Login ke twitter account kita di komputer. Ditengah ada box putih, tulislah status anda kemudian langsung klik button updates. Anda juga dapat mempost link websites atau ke blog tapi ingat tiap posting hanya berjumlah 140 characters. Pesan anda langsung sampai kepada pengikut anda.

Bagi pengguna handphone, posting tidak terlalu sulit karena twitter telah menyediakan twitter versi handphone. Tinggal login dan isi post dan tinggal kita tekan updates button.

Bagaimana jika kita ingin post terjadwal atau posting nanti seperti yang bisa kita lakukan pada blogger. Twitter sendiri memang tidak menyediakan fasilitas untuk itu namun kita dapat mempost terjadwal dengan menggunakan website lain. Kita tinggal daftar dan memasukkan akun twitter kita ke dalam website tersebut. Website yang menyediakan fasilitas tersebut diantaranya tweetlater.com.

Post terjadwal sangat penting agar kita dapat mengrimkan pesan-pesan kita agar follower kita tidak jemu dengan post yang langsung banyak.

Selain post terjadwal kita juga dapat melakukan posting otomatis dengan RSS. Twitter memang belum menyediakan fasilitas ini, tetapi anda bisa menggunakan twitterfeed.com. Registratsi akun anda pada Caranya kita kopi (salin) link RSS atau Atom ke twitterfeed. twitterfeed membuat kita bisa tidur tanpa melakukan post sebab twittefeed telah memposting RSS feed yang kita telahkopi.

Sayangnya posting otomatis ini cenderung kaku karena hanya memposting judul saja. Memang kita dapat menggunakan twitter RSS orang lain, RSS blog, ataupun RSS website lain. Sayangnya fasilitas ini dijadikan sarana twitter malas untuk meraup uang. Mereka mencari website terbaik untuk disalin RSS nya. Twitter macam ini menggunakan lambang website tersebut dan membuat seolah-olah twitte tersebut adalah milik website tersebut.

Sebaiknya kita menggunakan fasilitas posting otomatis ini dengan cara yang jujur. Kita gunakan saja RSS blog kita atau website kita untuk twitter. Dan jangan sering menggunakan posting otomatis karena akan terlihat posting kita kaku. Kita harus variasikan posting kita.

Tidak tertutup kemungkinan kita juga posting isi dari posting teman kita. Hal ini tidak diharamkan di twitter. Setelah melihat pesan dari teman kita, kita bisa saja mereply (membalas) atau membaca posting teman kita.

Twitter dapat melakuan retweet posting orang. Jangan lupa untuk mencantumkan @username: sebagai penghormatan kita terhadap orang yang pertama kali posting. tanda @ juga berart kita mreply suatu pesan kepada teman kita.

3 komentar:

  1. makasih banyak infonya, saya lagi butuh banget tutorial seprti ini.

    visit my blog http://rooteye.com

    BalasHapus
  2. sama2 thanks ata komennya

    BalasHapus
  3. klo kita mengirimkan artikel blog kita secara langsung di blog gimana ya pak?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini