Selasa, 09 Februari 2010

Apa Itu Hashtag Twitter?

Hashtag atau # adalah keyword atau tag yang ada pada pesan twitter. Ini bertujuan untuk memudahkan twitter kita untuk terindeks dalam mesin pencari seperti Google,Yahoo, Bing dan lainnya. Dengan adanya tag jua, twitter kita akan mudah tercari pada twittersearch.Jika pengguna twitter mencari dengan sebuah kunci maka twitter tersebut akan menempati peringkat pertama.
Umumnya tag pada blog atau website adalah satu kata umum yang sesuai dengan kaidah bahasa namun hashtag ini hanya terdiri dari beberapa kata dan tidak mesti memenuhi atau sesuai dengan kaidah bahasa seperti : #menterijugamanusia, #twitterbolot #bebek #tweetun #cuih dan lainnya. Kalau tag itu terdiri lebih dari satu kata maka penulisannya mesti disambung karena jika tidak disambung kata pertama saja yang menjadi hashtag sedangkan kata kedua akan menjadi tulisan yang biasa dan tidak bisa menjadi hashtag.
Untuk mencari hastags yang populer biasanya twitter menyediakan hastag populer di halaman depan twitter atau pada samping kanan laman twitter kita. Sayangnya hashtag favorit kebanyakan berbahasa Inggris dan belum ada hashtag yang memuat bahasa Indonesia ini karena tweeple dari Indonesia masih sedikit yakni kurang dari sejuta. Alternatif lainnya adalah kunjungi situs hashtag.org, disini banyak hashtag yang sedang trend.
Jika ingin mempopulerkan satu hashtag kita bisa membuat hashtag yang unik. Sebarkan ke teman-teman kita dan anjurkan untuk menggunakan hashtag kreasi kita.
Namun dalam mengkreasi hashtag anda harus berhati-hati salah-salah anda akan dituduh menyebarkan spam. Hashtag harus berhubungan dengan isi post anda jika tidak mau dituduh sebagai pembuat spam.
Menggunakan hashtag juga harus berhati-hati juga dan harus sesuai dengan tweet anda. Jika anda memasang hastags hanya untuk mengakali search engine agar dapat menjadi peringkat pertama bisa-bisa akun anda dihapus.Jangan juga kebanyakan tag karena akan menyempitkan space anda karena hastag dan link termasuk dalam hitungan jumlah karakter yang kita post.

10 komentar:

  1. iseng2 nyari "hashtag" dapet artikel ini.
    keep on blogging :D

    BalasHapus
  2. terima kasih, mampir lagi yah kesini

    BalasHapus
  3. :D baru tau, maklum newbie.

    BalasHapus
  4. gak papa saya juga masih belajar kok

    BalasHapus
  5. kalau di facebook apa hashtag berlaku juga?

    BalasHapus
  6. gara2 akun sempat disuspended, jadi banyak ketinggalan soal istilah twitter. thanks ^^

    BalasHapus
  7. makasih kaka,,saya sangat dibentu artikel ini
    mampir juga ya di http://pramuka-smkn1-sumedang.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. oo gitu
    baru mudeng yg namanya hashtag, xixi
    thx gan

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini