Minggu, 21 Februari 2010

Mencari uang dengan twitter dan Amazon

Meski belum terlihat hasilnya, saya mencoba menjual barang Amazon dengan twitter yang saya punya. Saya pikir ini cukup baik untuk mendapatkan uang. Amazon menjanjikan komisi sebesar 4% dari setiap barang yang terjual. Saya dengar Amazon juga akan menaikkan presentase komisi jika kita berhasil jula barang lebih banyak.
Kebaanyakan orang menjual atau mempromosikan barang Amazon dengan bantuan website atau blog. Mereka menaruh link banner atau widget ke dalam website atau blog mereka.
Jika website atau blog tersebut banyak pengunjung setidaknya 1000 pengunjung sehari. Hal itu tidak menjadi masalah karena pengunjung tersebut akan mengklik Amazon link kemudian akan membeli barang tersebut. Sebagai informasi Amazon beda dengan Adsense karena Amazon akan membayar advertiser jika pengunjung yang mengklik Amazon link, membeli barang tersebut. Sebaliknya jika pengunjung sedikit, boro-boro membeli barang untuk mengklik link anda saja belum tentu.
Melihat kondisi tersebut ada baiknya kita menggunakan twitter. Twitter lebih mudah untuk dibuat karena kita tidak perlu untuk menulis banyak kata. Cukup 140 karakter atau sekitar 10-20 kata. Mengurusi twitter lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu daripada
mengurusi blog atau website. Untuk menulis satu blog post dibutuhkan setidaknya waktu 30 menit, sedangakn di twitter anda hanya membutuhkan waktu kurang satu menit saja.

Sebelum mempromosikan produk Amazon di twitter, anda harus punya akun Amazon dan twitter. Daftarkan diri anda pada Amazon tanpa dipungut biaya. Jika sudah siap anda langsung bisa ke TKP, dan ikuti langkah sebagai berikut:

1. Sign in pada akun twitter dan Amazon
2. Cari produk yang akan anda promosikan di Amazon dengan fasilitas search.
3. Salin nama produk, harga produk, dan url produk. Biasanaya URL Amazon panjang, Untuk itu anda perlu memperpendeknya. Bagaimana? Inilah caranya di sini.
4. Pindah ke twitter anda masukkan produk, harga produk dan link anda. Kemudian klik update. Bisa juga anda menambahkan kata-kata seperti iklan, promosi, sponsor dan lain-lain. Adapun contoh tweet akan seperti ini.




Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
1. Kunci keberhasilan dari bisnis ini adalah banyaknya pengikut setia bukan pengikut yang palsu. Jika anda mempunyai ribuan followers maka anda akan cepat berhasil.
2. Kebanyakan tweeple tidak menyukai link komersial maka sebaiknya anda tidak terlalu sering menggunakan link ini karena follower anda bisa berhenti menjadi followers anda.
3. Orang Indonesia belum terbiasa bertransaksi dengan Amazon karena pembelian barang yang menggunakan kartu kredit. Jadi twitter berbahasa Indonesia kurang bisa menarik penjualan dari Amazon. Saran penulis anda lebih baik menggunakan twitter berbahasa Inggris.

3 komentar:

  1. saya udah terlanjur daftar di amazon, tetapi kalo dipikir-pikir itu keluar jalur dari tujuan saya menulis blog.
    kalo pingin keluar/berhenti dari program amazon tu gimana sih?
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. kayaknya, biarkan saja. Anda tidak usah login ke Amazon lagi jika sudah tidak ingin berhenti dari program Amazon

    BalasHapus
  3. sip banget artikelnya pak,.. semoga orang indonesia bisa lebih memanfaatkan internet dengan maksimal, khususnya dalam bisnis internet seperti affiliate amazon ini :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini