Jumat, 22 Januari 2010

Bagaimana cara memposting link di Twitter ?

Banyak twitter menyertakan link ke suatu blog, website, pictures dan video. Saya kira tugas twitter juga hanya sebatas mempost link blog kita untuk mencari pengunjung yang akan melihat blog kita. Ternyata kita juga bebas mencari link apa saja sebagi bahan post kita. Tentu link tersebut tidak mengandung illegal content seperti SARA, porno, obat-obatan, dan senjata api.

Dengan mencantumkan link berarti kita telah berbagi ke sesama twitter lainnya. Apa saja link yang kita masukkan dalam twiiter:

1. Link ke blog kita sendiri. Ini cara murah untuk prmosi blog anda .Kemungkinan para followers anda akan mengklik link anda dan blog anda menjadi terkenal.

2. Link blog atau website orang lain. Mungkin anda menemukan laman web yang sangat menarik bagi anda. Kenapa tidak memasukkan dalam twitter anda. Anda dapat mengomentari laman tersebut.

3. Link ke Video. Di dunia maya banyak sekali terdapat video yang ada di situs-situs YouTube, Metacafe, Google VIdeo, Blip TV dan lain-lain.

4. Gambar. Ada saja gambar pemandangan yang menarik, binatang yang lucu, peristiwa yang konyol, gambar pesawat tempur dan lain-lain terdapat di website dan blog. Pasang link ke pictures tersebut di dalam twitter.

5. Link komersial
Beberap twitterer menggunakan twitter untuk berdagang di dunia maya. Mereka memasukkan link produk dari Ebay, Amazon, dan pemasang iklan lainnya.

cara memasang link cukup mudah. Tulis judul link kemudian tempatkan link dibelakang text. Kemudian tekan tombol updates. Dalam waktu tak lama link anda akan beredar ke pengikut-pengikut anda.

Karena link juga akan memakan space update twitte yang cuma 14o karakter, twiterer harus menyingkat pesan atau judul link anda. Jika URL anda cukup panjang anda cukup menulis sedikit kata.

Bagimana jika jumlah karakter link lebih dari 140 seperti dibawah ini:

Bahkan penulis melihat ada link yang mempunyai 600 karakter;

Kalau menemui link seperti ini, kita harus menyingkat url ersebut (shorten URL). Cari website pemendek URL seperti bit.ly atau tinyurl.com. Caranya mudah masukkan URL asli yang panjang ke dalam website tersebut. Klik button shorten. Anda tinggal copy dan masukkan ke twitter anda. Untuk mempermudah proses ini, pasang add button fasilitas ini di firefox anda.

Kemmapuan shorten URL cukup bagus sari URL yang mempunyai 600 karakter maka akan berubah menjadi 25 karakter saja. Jadi anda dapat menulis sekitar 115 karakter lagi untuk judul atau tanggapan link.

3 komentar:

  1. Tnks atas tutorialnya. http://bit.ly/i9O193

    BalasHapus
  2. Mau nanya, gimana caranya sharing link sekaligus memasukan hastag? saya baru bikin twitter utk mengikuti sebuah lomba menulis, dan tulisan itu mesti di share di twitter dengan mengikutsertakan hastag yang disebutkan.
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. caranya ketik nama judul arikel anda dan jangan lupakan link ke artikel beserta hastag anda dibelakang link dan buat terpisah

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini