Kamis, 28 Januari 2010

Cara Mengirimkan Pesan ke Twitter lain

Salah satu fasilitas dalam twitter adalah mengirimkan pesan pada twitter lain dengan direct message atau pesan langsung. Pesan ini akan diterima oleh twitter yang anda tuju sedangkan twitter lainnya tidak bisa membaca pesan yang anda kirimkan. Kita bisa menggunakan pesan ini untuk menanyakan sesuatu, berkenalan, menawarkan kerjasama, menawarkan jasa, dan hal lainnya yang bersifat pribadi. Hanya saja tidak etis untuk menawarkan produk atau barang lainnya ke twitter.

Umumnya kita akan memberikan pesan jika ada twitterer lain yang mengikuti kita. Sebaiknya kita harus balas sebagai tanda respek kita terhadap orang yang mengikuti kita dan sambil mengenalkan diri kita dan twitter kita.

Selain pesan, kita juga dapat menawarkan kerjasama dengan mereka seperti yang sering dilakukan oleh sesama blogger. seperti menulis di blog mereka, membuat widget, membuat website atau blog, menukar link dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak semua twitterer mau menerima pesan kita. Beberapa twitter men-setting untuk tidak menerima pesan dari twitter lain umumnya mereka adalah blog terkenal atau meninginkan twitter yang tertutup. Mereka tertutup karena tidak mempunyai waktu untuk melayani pesan yang kita kirim atau mereka juga tidak menyediakan asisten untuk itu. Ink tentu sangat disyangkan karena, harapan penulis untuk bertanya langsung kepada ahli menjadi buyar.

Sebaiknya sebagai twitterer pemula, kita terbuka untuk menerima pesan sepanjang pesan itu memang berguna. Apa gunanya twitter jika kita tidak bersosialisasi di twitter? Memang ada saja orang iseng yang mengirimkan spam atau pesan yang konyol. Untungnya twitter menyediakan fasilitas block dan report this twitter. Twitter akan menindaklanjuti laporan anda. Selanjutnya twitter akan memutuskan apakah akun tersebut dibekukan atau tidak.

Cara mengirmkan pesan adalah klik teks messages pada samping kanan twitter. Lalu akan mucul kotak dan kita tinggal milih siapa twitter yang akan kita tuju. Cara lainnya adalah ketik seperti dibawah ini:

D nama user pesan

Kode D mewakili direct messages, sedangkan user name adalah nama akun yang kita tuju. Terakhir pesan yang kita tulis. Contoh post:

D Jojohn Selamat Lebaran

Panjang teks tidak boleh lebih dari 140 karakter. Jika lebih twitter tidak akan mengirimkan pesan ke anda. Buatlah pesan yang singkat dan mengena pada maksud yang ada dipikiran anda.

Jangan mengrimkan spam melalui direct messages karena twitter tersebut pasti akan marah. Jika anda dilaporkan, bisa-bisa anda akan kehilangan akun twitter anda.

Dalam mengirim pesan, twitterer juga harus sabar karena bisa jadi para twitter akan mejawabnya setelah beberapa hari atau tidak menjawab sama sekali. Jika tidak dibalas, coba lain kali untuk mengirim pesan mungkin twiter tersebut menjawab atau memblock anda. Namun jangan seringkali mengirim pesan yang akan membuat twitterer tersebut jengkel dan memblock anda.

11 komentar:

  1. MANTAP .....

    GAN ... NI ANE UDAH FOLLOW BLOG ANDA

    FOLLOW JUGA YA BLOG ANE

    DI TUNNGU

    BalasHapus
  2. terimah kasih buaaanyak,teman !

    BalasHapus
  3. Baru buat twiter nie. Hihihi. Terimah kasih banyak infonya. Saya tidak salah pilih artikel blog ini. Hihihi.

    BalasHapus
  4. terima kasih atas komennya

    BalasHapus
  5. Info yang bagus, ternyata kalau mau kirim pesan produk dilarang ya, terima kasih ....

    service tv jogja

    BalasHapus
  6. yah janganlah kecuali sudah kenal

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. sama seperti halnya membuat pesan d_@username_isi pesan

      Hapus

Silahkan berkomentar pada blog ini