Sabtu, 19 Desember 2009

Anatomi Twitter


Sebelum meningkat ke perihal twitter posting ada baiknya twitterer mengenal anatomi atau design dari website twitter. Laman Twitter pertama memiliki warna biru langit dan ditengahnya ada kotak persegi panjang yang berwarna biru donker. Pada kotak tersebut jua terdapat fasilitas search.

Dibagian atas kanan ada tulisan join dan sign in. Bagi yang belum memiliki twitter, hendaknya mendaftar terlebih dulu. Sedangkan yang sudah mempunyai twitter dapat langsung masuk dengan nama akun anda dan password anda dan sign in.

Di tengah ada kotak biru donker yang bertuliskan kata-kata dalam bahasa Inggris atau nama-nama yang mungkin asing bagi kita. Itu adalah keywords yang sedang trend di twitter atau yang sedang banyak digunakan oleh para twitter.

Di bagian bawah ada beberapa tulisan seperti:

About Us. Company profile dari perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan twitter.

Contact. Alamat kontak twitter.

Blog. Pemilik twitter seringkali mengupdate informasi tentang twitter di blog ini. Dapatkan info menarik dan tips-tips twitter dengan bertandang ke situs ini.

Status

Goodies. Ini menyimpan sejumlah aplikasi handphone dan widget untuk blog atau website. Widget ini bagus sekali untuk meningkatkan jumlah pengunjung anda di blog anda dan dapat menjadi alat promosi. Anda tinggal pilih widget yang cocok apakah untuk Blogger atau untuk Wordpress blog. Bagi pengguna handphone juga dapat mencari aplikasi yang sesuai dengan merk hp-nya.

API. API menunjukkan lokasi dari para twitterer. Ini sangat berguna untuk mencari teman anda atau mengetahui lokasi teman anda.

Business, special guide untuk twitter. Anda dapat mengetahui panduan untuk ber-twitterl

Help. Fasilitas ini diperuntukkan untuk bantuan kepada twitter mengenai twitter

Jobs
Kadangkala Twitter membutuhkan orang sebagai pegawai mereka. Jika anda seorang lulusan IT atau programmer anda dapat mencoba keberuntungan di situs ini. Bisa jadi prestasi anda dalam IT menarik minat twitter.

Term, ini adalah peraturan dan service yang diberikan oleh twitter. Twitterer harus membaca seluruh peraturan yang ada di twitter.

Privacy. Kerahasiaan pemakai twitter.

Pada samping kanan kita akan melihat beberapa gambar dan tulisan. Pertama adalah foto kita. Kalau kita pasang foto bagus maka twitter kita akan terlihat bagus.

Dibawah ada tulisan following yang berarti mengikuti serta tepat dibawahnya ada jumlah orang yang kita ikuti. Sampingnya adalah followers atau orang yang mengikuti kita dan serta jumlahnya. Disampingnya lagi atau paling kiri adalah tweets atau banyaknya jumlah posting kita.

Home yang beararti twitter kita
Direct messages. Message yang kita terima dari follower atau following kita.
Favorite. Posting kita atau twiterer lain yang difavoritkan
Dibawahnya kita melihat sebuah kotak kecil dengan gambar lup di ujung kirinya. Ini bertugas untuk mencari twitter atau post twitter orang lain. Cara menggunakannya tidak berbeda dengan mencari di search engine. Ketik kata yang kita cari atau nama yang kita cari kemudian arahkan kursor ke gambar lup dan tekan mouse kiri. Segera muncul hasil pencarian yang anda inginkan.

Trending topics: ada sepuluh kata keyword. Ini juga muncul sebelum kita login ke twitter.

Di bawah search box ada gambar kecil, yang mewakili twitterer-twitterer yang kita ikuti (following). Sayangnya twitter hanya menyajikan 20 orang sehingga kita harus mengklik following untuk mencari twitter lainnya.

RSS. Tool ini bertujuan untuk mengikuti posting kita (akan dibahas secara spesifik nanti).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini