Senin, 21 Desember 2009

Apa Itu Twitter?

Twitter adalah situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa teks tulisan dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan twitibin (id.wikipedia.org). Situs ini didirikan oleh Jack Dorsey. Ia juga yang menemukan konspep twitter.

Twitter bermakas di San Francisco , negara bagian California, Amerika Serikat. Pemimpin perusahaan tersebut adalah Jack Dorsey (pimpinan), Evan Williams (CEO), dan Biz Stone (Direktur kreatif). Sedangan untuk operasional, Twitter hanya mempekerjakan 74 orang saja.Perusahaan ini sangat berkembang pesat keuntungan yang diperoleh pada kuartal ketiga 2009 adalah sebesar $ 400.000.

Twitter adalah situ yang sangat populer di dunia. Menurut sebuah website, situ s pertemanan ini menduduki peringkat ke tiga situs pertemanan terpopuler dengan 55 juta pengunjung dan 6 juta pengunjung unik tiap bulannya. Trend pertambahan anggota Twitter mengalahkan Facebook atau Zimbio.


Twitter sebagai situs pertemanan sosial sudah mulai merambah dunia maya Indonesia. Lebih dari 700.000 akun telah dibuat di Indonesia. Meski pamor twitter belum sehebat facebook namun twitter akan terus berkembang.

Dengan logo kenari jenis star blue, twitter tampil dengan design yang keren. Logo burung kenari menurut penulis sangat cocok dengan burung kenari yang suka bercuit-cuit.Background website biru laut yang menarik.

Pertama kali penulis mengenal situs ini dari blog. Katanya twitter dapat menaikkan popularitas atau pengunjung blog. Saya mencoba memuat beberapa link ke twitter. Waktu itu, Penulis belum tahu apa twitter. Penulis pikir twitter sama dengan social bookmarks yang biasa.

Pada akhirnya saya tahu twitter tidak hanya social bookmarking semata. Ia dapat dikembangkan menjadi situs pertemanan dan mencari teman.

Kita tidak melulu memasang link untuk bertwitter. Prinsip twitter adalah What are you doing know? Artinya kita bisa saja menulis pesan seperti, sedang minum kopi, mau pergi ke pasar, Jalan Thamrin macet total, Hujan turun deras di Palmerah, Pak Amin memberikan tugas Bab V Soal 1 sampai 1000 dan masih banyak lagi.

Pesan yang disampaikan twitter cukup singkat atau tidak lebih dari 140 karakter.Twipple atau pemilik akun twitter harus cerdas memilih kata agar dapat membuat pesan yang singkat namun penerima pesan mengerti.

Twitter terbukti efektif dalam menyampaikan pesan ke teman-teman. Ketika Oposan Iran mengadakan demo untuk menentang Presiden Ahmadinejad, mereka menggunakan twitter untuk menyebarkan pesan-pesan mereka. Untuk meredam oposan, pemerintah Iran memblock penggunaan twitter di Iran.

Twitter memang populer namun sayangnya web 2.0 ini belum memberikan keuntungan yang memadai bagi pengelolanya. Meski belum mendatangkan keuntungan memadai, raksasa mesin pencari Google sangat berminat untuk membeli twitter namun belum ada perkembangan tentang pembelian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini