Jumat, 25 Desember 2009

Menjadi Pengikut (following) di Twitter

Following berarti kita mengikuti account twitter tersebut. Cara mengikuti orang (follow) mudah saja, tinggal klik follow button pada kiri atas twitter page. Setelah itu kita dapat mengikuti mereka dan update mereka. Alternatif lainnya, kita mencari teman kita yang sudah menggunakan twitter melalui e-mail.

Dari twitter yang kita ikuti, kita akan mendapat beberapa manfaat seperti ilmu pengetahuan, link ke website atau blog tertentu, status orang tersebut, dan lain sebagainya. Yang menjadi pertanyaan siapa yang akan kita ikuti. Tentu itu terserah kita. Saran penulis, sebaiknya twitter hanya mengikuti seorang pakar, ilmuwan, bisnisman, politis dan lain-lain. Hindari mengikuti twitter selebritis karena hanya akan banyak mudharatnya daripada manfaatnya.

Untuk mengikuti (following), kita harus tahu pasti bahwa twitter tersebut adalah orang atau situs sebenarnya. Banyak orang membuat twiiter account menggunakan nama atau blog/website orang lain. Tentu ini akan merugikan orang lain dan tentu saja merugikan twitter lainnya. Twitter juga akan menghapus tiap account palsu yang menggunakan nama, organisasi, website, blog milik orang lain.

Penulis akan menjadi pengikut twitter jika:

1. Teman baik teman sekolah, bekerja, sekomplek atau temannya teman. Kalau teman yang hatinya jahat tidak perlu diikuti. Dengan twitter kita dapat mengirimkan pesan ke teman kita sehingga dapat hemat pulsa telepon.

2. Ahli atau expert bidang tertentu. Saya yang mempunyai latar belakang keuangan akan mengikuti twitter daripada ahli keungan twitter. Kadang saya juga flow dari ahli-ahli online business.

3. Blog atau website bagus. Mengikuti perkembangan dari blog tersebut tanpa mengunjungi blog yang kadang akan memakan waktu. Jika ada topik atau judl menarik baru klik link ke website tersebut.

4. Twitter lain yang mempunyai kesamaan minat dan hobby dengan kita. Ini sangat membantu kita untuk mendapatkan informasi yang penting sesuai dengan minat kita.

5, Twitter yang mengikuti kita. Tidak ada salahnya kita mengikuti twitter yang mengikuti kita. Bisa jadi kita akan mendapat manfaat dan sebaliknya twitter tersebut akan mendapat manfaat dari kita. Namun harus diperhatikan untuk tidak mengikuti spammer (tukang buat spam di twitter).

Ada jutaan orang di Twitter. Menambah folowing dengan harapan mendapat follower sah-sah saja namun hal tersebut menjadi sia-sia jika kita mengikuti twitter yang tidak layak kita ikuti.Berikut ini, orang yang tidak layak kita ikuti (follow) antara lain:

1. Spammer atau pembuat spam. Mereka cuma mengupdate link komersial saja supaya anda dapat mengkliknya. Twitter semacam ini akan memenuhi halaman pertama twitter anda dan menutup update twitter lain.
2. Twitter yang malas atau tidak pernah update. Tidak ada gunanya mengikuti twitter malas bisa-bisa kita jadi malas update.
3. Twitter palsu yang menggunakan nama orang atau blog lain.
4. Twitter yang tidak mempunyai minat atau hobby yang sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini