Minggu, 27 Desember 2009

Siapakah followers Twitter?

Apa sih kata follower pada sudut kanan di bawah gambar profile kita? Kalau diterjemahkan dalam bahasa Inggris artinya pengikut. Semakin banyak pengikut kita manandakan orang banyak ingin mengikuti update kita atau berita dari kita. Tentu itu bagus untuk popularitas twitter kita.

Semakin banyak follower berarti juga meningkatkan penerimaan uang dari iklan (soal monetize twitter akan dibahas pada bab selanjutnya). Beberapa orang menggunakan software untuk meningkatkan jumlah followers. Saya sendiri tidak tahu apakah perbuatan itu diharamkan twitter. Tetapi yang penting, dimanapun kita harus selalu berbuat jujur dan jangan mau potong kompas.

Biasanya yang menjadi followers kita adalah orang yang mempunyai sama latar belakang seperti profesi, tempat tinggal, universitas sekolah dan lain-lain. Untuk followers seperti ini mereka biasanya setia dengan kita dan mereka berharap agar kita juga menjadi followers mereka sehingga dua pihak akan saling menerima tweet.Dari sini tweeter akan menerima manfaat seperti pertukaran informasi maupun pengetahuan dan bisa saja menanjak menjadi kontak bisnis.

Sebelum seseorang dapat mengikuti kita, twitter akan mengirimkan pesan kepada kita. Kalau anda melakukan block terhadap twitter anda maka calon follower tidak serta merta menjadi followers anda sebelum anda mengizinkan mereka. Beberapa twitter mencharge biaya updates twitter. Memang tidak banyak, hanya $ 1 per bulan. Namun kalau saja ada seribu pelanggan yang mau bayar jasa anda maka $ 1000 anda dapat. Jumlah ini tentu sangat banyak atau setara dengan gaji seorang manajer di perusahaan menegah di Jakarta.

Bagi yang hanya mau senang-senang bertwitter, tidak usahlah charge. Berikan saja akses kepada orang yang menjadi pengikut anda. Berbagi dengan sesama tidak ada ruginya.

Namun setiap pengguna twitter untuk hati-hati dengan follower palsu. Seseorang boleh mempunyai beberapa twitter account. Beberapa dari mereka hanya menggunakan account untuk mencari followers. Mereka sengaja menambah (add) nama mereka sebagai followers. Jika kita lupa satu atau dua hari untuk men-follow mereka, mereka akan cabut dari kita. Pertama saya sedih karena pengikut saya berkurang namun saya sadar bahwa tujuan mereka hanya untuk mencari followers. Twitter jenis tersebut tidak perlu kita kahwatirkan.

Ciri-ciri twitter tersebut dapat diketahui setidaknya dari tiga hal:
1. Jumlah following jauh lebih banyak dari followers atau saya pernah lihat satu akun twitter yang hanya mempunyai puluhan follower namun di satu sisi ia mengikuti ribuan twitter
2. Update atau post sedikit. Saya pernah lihat satu akun yang tidak pernah post satu kalipun di twitter
3. Spam. Orang tersebut sering link ke halaman komersial

Untuk twitter seperti itu, saya tidak akan menanggapinya karena mereka hanya mau keuntungan sementara bukan menjalin jaringan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini