Sabtu, 06 Maret 2010

Enam jangan pada twitter

Twitter adalah media social terkenal yang dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunanya maupun orang lain. Syangnya banyak orang yang tidak mengetahui hakikat twitter itu sendiri. Mereka menggunakan twitter hanya untuk kepentingan pribadi semata
Jangan bersembunyi . Terangkan diri anda secara benar dan detail. Twitter memeberikan 160 karater untuk menjelaskan diri anda. Ternagkan diri anda sesingkat-singkatnya. Jangan lupa masukkan URL web anda dan ini juga sedikit banyak akan membantu. Masukkan photo anda sendiri atau logo perusahaan anda. Jangan ungah (upload) foto orang terkenal, artis, atau logo perusahaan lain dengan harapan anda akan mendapat banyak followers.
Jangan Menjual . Maksudnya jangan terlalu banyak menjual karena akan membuat orang bosan mengikuti twitter anda . Link-link yang berisis penawaran produk tentu juga akan membosankan para followers anda. Sebaiknya jangan banyak-banyak untuk hal tersebut cukup satu kali menjual tiap 20 tweet non komersial. Jika anda kebanykan menjual juga anda akan dituduh menjadi twitter spam dan itu artinya akun anda bisa dihapus.
Jangan abaikan orang lain. Etika berkomunikasi adalah menjawab ketika ditanya. Banyak orang akan diam saja ketika mereka ditanya. Hal itu bisa jadi tidak mau menjawab atau bisa jadi tidak bisa menjawab. Kita harus ingat bahwa twitter adalah jaringan social untuk itu kita juga senantiasa bisa bersosialisai dengan twitter lain. Ada seseorang pakar twitter berkata jika anda tidak mau bersosialisai dalam media untuk apa anda buka akun twitter?
Reply orang yang menanyakan sesuatu kepada kita jika mereka mereply dengan yang sopan. Jika ada orang yang berusaha memancing amarah anda, lebih baik abaikan saja dan jangan terpancing untuk membalasnya lagi. Untuk hal yang lebih pribadi sebaiknya direct message lebih digunakan agar anda lebih nyaman dan aman.
Jangan menipu. Tiap social media ada saja orang yang kurang kerjaan dan mencari keuntungan dari sana. Bagi yang suka menipu diharapkan untuk tidak menipu. Katakanlah sejujurnya dan jangan ada dusta dianatara kita. Tidak baik juga untuk membohongi masyarakat dengan menyebarkan fitnah terhadap seseorang tokoh atau membela orang-orang yang sudah jelas-jelas salah. Contoh : seperti pembelaan terhadap orang-orang yang terlibat kasus Century.
Jangan Menghilang. Ini kebanyakan terjadi pada orang yang angin-anginan dan tidak konsisten. Kadang sehari bisa tweet 100 pesan tapi sebulan kemudia tidak pernah login di twitter. LEbih baik sedikit tapi rutin daripada banyak-banyak tapi tidak rutin. Kalau penulis sendiri cukup tweet seminggu tiga kali. Mungkin anda punya resep sendiri?
Jangan Gunakan untuk hal yang illegal. Namanya dunia maya pasti ada penjahat yang ingin mendapatkan keuntungan. Twitter harus menghindari perbuatan illegal seperti penjualan obat bius, narkoba, senjata api, porno, prostitusi, kejahatan perbankan dan lain sebagainya.

2 komentar:

  1. Salam mas, aku @indracitizens.

    buat poin yang jangan menghilang, tiap orang punya kesibukan sendiri. Twitter memang masih belum menggeser facebook. Ada juga yang nggak twiiteran karena gak punya teman. Kalau saya twitter memang buat pelepas stress dan bersosialisasi, karena sosialisasi lewat twitter memang lebih enak dibandingkan dengan fb.

    BalasHapus
  2. twitter juga simple sih tapi nyari temannya memang susah suatu saat mencari teman akan gampang. thanks atas komennya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini