Selasa, 09 Maret 2010

Mencari kerja di Twitter

Bisa gak mencari pekerjaan di twitter? Jawabannya bisa saja. Twitter yang juga social media ini di negeri asalnya sudah sangat beragam manfaatnya salah satunya mencari pekerjaan. Bahkan ada perusahaan-perusahaan di negeri Paman Sam menggunakan twitter untuk menyeleksi para pegawainya.



Twitter yang baru dikenal masyarakat Indonesia belum semaju yang ada di negara asalnya. Mencari pekerjaan di twitter belumlah banyak dilakukan oleh orang Indonesia karena belum banyak perusahaan yang menggunakan twitter. Jadi belum ada juga perusahaan yang merekrut pegawai dari twitter.



Meski twitter masih terbatas. Ada baiknya juga mencoba mencari pekerjaan dengan twitter. Siapa tahu usaha ini akan berhasil. Lakukan langkah-langkah sebagai berikut.



1. Buatlah profile mengenai twitter anda dengan bagus. Gambarkan apa keahlian anda sesingkat-singkatnya sebanyak 160 karakter. Profile yang menarik akan menarik followers

2. Ikutilah atau follow twitter yang menyediakan info lowongan pekerjaan. Dengan begitu anda dapat mengikuti setiap perkembangan info pekerjaan. Menggunakan twitter tentu akan lebih mudah dan menghemat waktu daripada langsung menengok website tersebut.

3. Jangan lupa cantumkan website profile anda di twitter. Siapa tahu orang akan tertarik dengan berbagai keahlian anda. Anda juga dapat mencantumkan profil selengkapnya di blog yang tidak bisa dimuat di twitter anda.

4. Update setiap proyek yang sedang anda kerjakan. Terangkan peranan anda. Tentu saja anda tidak boleh menyebarkan info rahasia perusahaan.

5. Carilah banyak follower. Siapa tahu teman-teman anda dapat memberikan info pekerjaan.

6. Promosikan juga jasa anda di twitter. Siapa tahu ada yang tertarik.

Mudah-mudahan dengan tip ini anda dapat pekerjaan sukur-sukur pendapatannya besar.



Perhatian:

Dunia maya adalah dunia yang susah teraba. So, Anda jangan mudah percaya dengan janji-janji atau iming yang menjanjikan pekerjaan dengan syarat anda harus menyetor uang terlebih dahulu.

Jangan mudah memenuhi panggilan seseorang yang belum kita kenal.

Jujurlah dalam mencari pekerjaan. Jangan gunakan uang suap, sisipan, sogokan, atau permen untuk memuluskan masuk kerja karena itu dilarang.

2 komentar:

Silahkan berkomentar pada blog ini