Kamis, 06 Mei 2010

Akankah twitter mengganti Ponsel?

Layanan twitter sudah bisa masuk pada ponsel-ponsel di Indonesia. Itu artinya setiap orang dengn mudahnya dapat meretweet pesan melalui ponsel tanpa harus menunggu ke komputer dulu atau ke warung internet terlebih dahulu. Dengan mudahnya orang akan mengirimkan pesan ke teman atau menerima pesan tweet dari ponsel mereka.
Tagihan twitter juga tidak mahal, ada operator ponsel CDMA yang menawarkan hanya tiga ribu rupiah per minggu. Itu artinya kita dapat bertweet sepuasnya hanya Rp 12.000 perbulan.
Dengan adanya fasilitas ini mungkin orang akan lebih senang untuk mengrimkan pesan melalui twitter ketimbang SMS biasa. Jika SMS biasa bisa rata-rata Rp 150 per sms. Maka uang tiga ribu hanya bisa mengirimkan 20 sms per minggu. Sebaliknya di twitter kita dapat ratusan kali mengirmkan pesan.
Cuma memang twitter ini tidak bisa mengalahkan ponsel terlebih dalam percakapan. Twitter tidak bisa berbunyi sedangkan ponsel dapat berbunyi meski bayarannya tentu lebih mahal. Ada saatnya kita memang harus berbicara dan itu tidak bisa diwakilkan dengan sms atau bunyi tweet.
Kemudian salah satu penghalang dari perkembangan twitter sendiri adalah orang belum paham mengenai twitter, cara kerja twitter, dan hakikat twitter. Namun halangan ini bisa teratasi dalam tahap demi tahap. Toh, dulu (awal tahun 2000) banyak orang tidak bisa menggunakan ponsel, sekarang banyak orang yang menggunakan ponsel. Bisa jadi orang juga akan menggenal twitter terlebih banyak blog atau website yang berbicara mengenai twitter, termasuk blog tuitbolot ini.

2 komentar:

  1. Di twitter cuma bisa posting s.d 140 karakter, kalau di sms bisa 160. Apalagi saya pake kartu AS, kirim sms Rp 1000, dapat gratisan 1000 sms ke semua operator

    BalasHapus
  2. wah ini iklan neh semua pakai kartu itu kata Bang Haji

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini