Selasa, 02 November 2010

Penipu mengunakan Twitter untuk mengumpulkan survey

Ada saja cara orang untuk mengicuh orang lain untuk mendapatkan uang. Salah satunya adalah dengan menyesatkan pengguna twitter atau tweeple untuk mengisi survey. Memang kita tidak akan mati atau merugi jika cuma mengisi survey namun bagi orang yang sibuk tentu survey tersebut sangat menganggu.
Modus operandi yang dilakukan pengicuh atau penipu adalah sebagai berikut. Mereka membuat website yang namanya mirip dengan twitter. com seperti twiter.com. Sang penipu tahu bahwa kadang-kadang orang banyak salah menulis twitter. Jika surfer yang sudah terlanjur salah mereka akan menuju ke website yang tampilannya tidak berbeda dengan twitter aslinya. Hanya saja website ini dengan  serta merta akan menyodorkan keusioner yang akan kita isi. Peniupuan ini konon terjadi juga di facebook.
Penipu tersebut akan memperoleh uang dari tiap kuesioner yang diisi oleh orang yang ditipunya. Tentu perbuatan ini tidak sportif. Seharusnya jika mereka mau mengumpulkan data survey mereka harus meminta izin kepada orang yang ditanyakan atau responden. Ada baiknya mereka juga membagi keuntungan dengan responden.
Untuk menarik lebih banyak pengunjung yang mau mengisi kuesioner, mereka meniming-imingi dengan imbalan mendapatkan iPad yang berharga jutaan. Di Amazon saja Ipad dijual dengan harga sekitar $ 500 dollar dan ada yang lebih mahal lagi.Tentu siapun akan mau mendapatkan iPad dengan gratis dan mereka dengan sukarela mengisi kuesioner.
Selain membangun website untuk menjerat surfer. Mereka juga melakukan tweet dengan link yang menuju laman kuesioner. Anda harus berhati-hati dengan mencet link tersebut.Mungkin anda perlu mengingat kembali artikel berjudul aman dalam bertwitter.

sumber: inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini