Sabtu, 13 Februari 2010

Para Pesaing (kompetitor ) Twitter

Twitter tidak sendiri dalam melayani pertemanan sosial di dunia maya. Setidaknya ada lusinan website yang menyediakan service microblogging dan pertemanan sosial. Situs-situs ini juga mendapat sambutan yang antusias dari para pecandu pertemanan sosial. Beberapa tweeple juga membuka akun di situs lain untuk meningkatkan popularitas twitter, blog, atau website mereka.

Mereka juga mengintegrasikan beberapa microblogging untuk menghemat waktu berinternet. Berikut ini adalah kompetitor twitter yang mungkin akan anda minati :

1. Plurk
Plurk berhasil merebut orang Indonesia dibandingkan twitter. Tampilan situs yang agak berbeda dari twitter. Plurk memberikan catatan kronologi dari tiap plurk atau post. Plurk adalah kombinasi dari social network dan microblogging yang memudahkan orang berhubungan dan berbisnis dengan komunitas online.

2. Tumblr
Situs dengan background hitam dan berlambang bunga ini memiliki kemiripan dengan twitter. Post pada Tumblr dinamakan Tumbledogs yang panjangnya sama dengan tweet yakni tidak melebihi dari 140 karakter. Hebatnya Tumblr bisa mengatur laman Tumblr dan dapat mempunyai domain sendiri.

3. Yammer
Ini adalah mikroblogging yang sangat terbatas. Jika microblogging lain berbicara bebas mengenai apa saja situs ini hanya berbicara tentang proyek, pekerjaan, diskusi, tanya jawab dan lain-lain. Untuk memiliki akun yammer sangat sulit karena calon member harus memiliki email dari perusahaan tempatnya bekerja.

4. Microblogr
Mempunyai nama yang mirip dengan blogger ini, membolehkan koloborasi yang instan melalui SMS feature yang ada di situs ini.

5. Sweetter
Tidak beda jauh dengan twitter, situs ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang menarik. Dengan menjadi folowing kita dapat melihat post dan sebaliknya follows juga dapat melihat post kita tanpa harus mengikuti kita. Situs ini memang berbeda dengan twitter.
Setiap posting kita mendapat nilai yang dinamakan karma. Karma mempunyai rentangan nilai - 50 sampai 50. Tiap Sweetter berhak untuk memberikan karma pada posting sweetter lain.

6. Jaiku
Situs ini mulanya adalah aplikasi dari telepon seluler.Jaiku tidak berbeda jauh dengan twitter.

7. Pownce
Salah satu pesaing twitter yang mempunyai lambang huruf P kapital dan situs ini dibuat oleh Kevin Rose yang juga pembuat situs penanda sosial digg.com.

8. Friendfeed
Sesuai dengan namya microblogging ini menyampaikan umpan (feed) kepada teman-teman (friend) berupa link ke situs, video, dan pictures.

9. Microblogging Lokal
Ada beberapa situs yang made in Indonesia yang melayani microblogging seperti koprol, ngecap dan kronologger. Di situs ini kita dapat bebas berbahasa Indonesia sebab para anggotanya kebanyakan mengerti bahasa Indonesia.

Anda bebas memilih apa saja microblogging yang sesuai dengan kemauan anda dan tujuan anda. Beberapa microblogging juga dapat digabungkan dengan twitter. Penulis pernah melihat tweeple juga menggunakan tumblr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini