Rabu, 23 Desember 2009

Etika Bertwitter

Dimanapun kita, kita harus menjunjung etika dalam bertwitter. Sudah selayaknya setiap tweeple menghormati tweeple lainnya dan pemilik situs twitter.

Dalam dunia twitter pasti ada orang yang mengambil keuntungan dari setiap celah. Mereka seringkali menipu untuk mendapat keuntungan diri sendiri. Hati-hati dalam bertwitter karena bisa jadi anda akan menjadi korban keganasan tukang tipu.

1. Yang pertama dan utama adalah sopan. Jadilah orang yang sopan di mana saja termasuk di dunia twitter. Jangan memancing permusuhan, menghina, merendahkan orang, menyebar fitnah dan isu yang tidak benar, dan sejenisnya. Indonesia telah mensyahkan UU internet yang berarti dapat menjerat siapa saja yang menyebar fitnah di dunia maya.

2. Membalas tiap pesan
Bagaimana persaan anda jika tidak mendapat jawaban dari seseorang. Mungkin anda akan kesal, bisa-bisa anda memutuskan hubungan twitter ke orang tersebut. Jawablah pesan dari kawan anda dengan baik jika mereka menanyakan sesuatu yang baik juga. Jika ada tweeple yang mencoba mengirimkan pesan yang buruk, abaikan saja. Jangan terpancing dan membuang waktu anda dengan orang yang berperangai buruk.

3. Jangan post twitter dengan tweet orang lain tanpa memberikan tanda Retweet atau RT. Hargailah kerja orang dengan memberikan kutipan. (Tentang RT akan dibahas nanti).

4. Jangan men-tweet hal pribadi diri sendiri apalagi rahasia orang lain. Sebagian orang yang bersifat terbuka terkadang men-tweet urusan pribadi atau rahasia pribadi. Ini tentu akan merugikan orang itu sendiri nantinya.

5. Jangan menggunakan twitter untuk nyampah dengan spam. Spam atau junk mail bin surat sampah adalah hal yang paling dibenci oleh surfer karena akan memenuhi ruang twitter.

6. Jangan menipu atau scam di twitter. Twitter sebaiknya tidak menjual e-book yang menjanjikan keuntungan berlipat. Tweeple sebaiknya jangan mudah percaya dengan iming-iming keuntungan ribuan dollar. Kalau bisa melipat uang kenapa mereka sendiri yang tidak melipat uang.

7. Hendaknya tidak tweet yang berasal dari satu web atau blog semata karena akan membosankan. Biasanya, tweeple tersebut mau mempromosikan blog atau websitenya. Kombinasikan tweet anda dari berbagai website, video atau link.

8. Jangan mempost link commercial semata. Banyak twitter yang menawarkan produk, jasa atau link ke iklan tertentu. Biasanya hal ini dilakukan oleh twitter pemula yang ingin mendapatkan uang. Sebenarnya cara ini tidak efektif karena tidak semua followers akan mengklik iklan yang akan mendatangkan uang. Apalagi tidak semua link akan membayar tweeple jika link tersebut hanya diklik dan tidak diikuti oleh pembelian barang.
Umumnya tweeple tidak menyukai link komersial yang menawarkan produk, e-book atau jasa. Kalaupun terpaksa harus mempost link commercial maka lakukan tiap 10 kali tweet.

1 komentar:

  1. Etika dalam bersosial media penting bgt dipahami, sebelum menggunakannya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini